"Live Streaming" Gerhana Bulan di YouTube

JAKARTA, KOMPAS.com — Jangan khawatir kalau Anda tidak sempat atau bahkan tidak bisa menyaksikan gerhana bulan total secara langsung karena berada di daerah yang tidak beruntung. Google bekerja sama dengan Slooh Space Camera menyiapkan tayangan live streaming gerhana bulan total dari sejumlah negara.

Halaman situs Slooh Space Camera akan menayangkan pilihan live streaming dari Afrika Selatan, Dubai, dan Siprus mulai pukul 01.00 WIB, Kamis (16/6/2011) dini hari nanti. Live streaming itu tidak hanya tayangan, tetapi juga dilengkapi narasi berupa audio dari para astronom secara langsung sehingga pengunjung mendapat lebih banyak penjelasan.

Selain itu, live streaming juga dapat disaksikan di salah satu kanal yang dipersiapkan di YouTube mulai jam yang sama. Pengguna software Google Earth juga dapat melihat live streaming dengan mengunduh file kml tambahan agar tayangan dapat tampil sebagai layer baru di fitur Sky.

Bahkan, buat Anda yang sedang dalam perjalanan, peristiwa gerhana bulan total dapat diikuti lewat perangkat smartphone berbasis Android. Namun, Anda harus mengunduh dan meng-install terlebih dahulu aplikasi Slooh Space Camera untuk melihat rekaman-rekaman tahap gerhana secara kontinu.

Gerhana bulan total yang terjadi pada Kamis (16/6/2011) memang mendapat perhatian besar dari kalangan pengamat astronomi di seluruh dunia. Sebab, peristiwa gerhana ini termasuk yang terlama dalam sejarah karena akan mencapai masa total sekitar dua jam. Peristiwa ini dapat disaksikan langsung di sebagian besar wilayah Indonesia sepanjang dini hari hingga subuh nanti.


Mohon klik tombol share berikut ini
agar artikel ini dapat dibaca orang lain. Terima kasih.

0 Comments:


Info:

Agan ingin tukar link? Ke SINI aja.
Komentar yang anda kirimkan akan ditangguhkan dahulu untuk mempermudah saya melihatnya

 
Modified/Edited by Cyserrex - http://www.cyserrex.com/ | Template by Free Blog Template | Facebook | Twitter | © 2009-2013 CYSERREX.com - All Rights reserved