Referensi Semua Tentang Codec & Media Player


  • Apa anda sering nonton film di PC?
  • Apa codec pack yg anda instal bermasalah di PC?
  • Apa anda tidak suka memakai player QuickTime & Real Media?
  • Apa anda mencari 101% software legal buat nonton film divx/xvid/dvd?
  • Apa anda punya masalah dgn konten2 multimedia web yg baru?
  • Apa anda merasa codec yg terinstal di PC berlebihan dari yg dibutuhkan?
  • Apa anda ingin mencoba codec2 yg open source?
GOM Player
GOM Player mendukung kebanyakan codec populer (AVI, DAT, MPEG, DivX ,dll) dgn sistem codec-nya, anda tdk perlu lg mencari codec yg cocok setiap anda tdk bisa memutar video.

Kelebihan: interface-nya menarik; support untuk kebanyakan tipe file2 media.
Kekurangan: EULA-nya sdkit mengganggu krn fitur DRM di GOM Player.

RulesPlayer
rulesPlayer adalah player GUI untuk MPlayer yg mudah dipakai di Windows. Player yg satu ini dibuat dlm format D dan DWT dan support untuk berbagai file2 media populer (AVI, 3gp, ASF, FLV, Matroska, MOV QuickTime, MP4, NUT, Ogg, OGM, RealMedia, DivX, dll) yg disupport bermacam codec2 asli XAnim, dan Win32 DLL. Anda bisa memutar VideoCD, SVCD, DVD, 3ivx, DivX 3/4/5 bahkan bisa menonton sambil mendowload filmnya.

Kelebihan: rulesPlayer mendukung hampir semua file2 video yg ada (Real Media, Quicktime, DivX dll.) tanpa menggunakan codec pack. rulesPlayer jg memiliki menu dan hotkey basic untuk memudahkan agan mengakses fungsi2 playback-nya.
Kekurangan: Mesti punya koneksi internet yg cepat karna secara otomatis player ini akan mendownload codec2 yg dibutuhkannya.
Update: pengembangan rulesPlayer sdh hampir tdk dilanjutkan lg, meski player ini bagus untuk XP, sayangnya tdk mendukung fitur AERO di Windows 7.

SPlayer
SPlayer adalah media player open source yg sederhana, yg mendukung semua format2 media populer, termasuk DVDRip, HDTV, RMVB, QuickTime, MPEG-2, MPEG-4, AC3/DTS, VP3/6/7, Indeo, XVD, OGG / OGM, APE, FLAC, TTA, AAC, MPC, 3GP/AMR, & subtitle. Bisa memutar file2 video yg 'incomplete/broken'. Support akselerasi GPU. Bisa dioptimalkan untuk GPU SSE2 SSE3 MMX multi-core, dll.

Kelebihan: SPlayer bisa memutar banyak format2 video & audio yg populer, sama seperti Blu-Ray dan DVD. Tersedia versi portablenya dgn interface yg simpel dan ciamik.
Kekurangan: Ada bagian interface-nya yg msh dlm resource bahasa lain.
Update: Pengembangan proyek SPlayer cukup aktif belakangan ini. Banyak fitur2 sdh ditambahkan begitu jg versi portable-nya.

KMPlayer
The KMPlayer adalah media player serbaguna yg yg mendukung bermacam format kontainer video seperti VCD, DVD, AVI, MKV, Ogg Theora, OGM, 3GP, MPEG-1/2/4, WMV, RealMedia, & QuickTime.

Kelebihan: Interface yg elegan & menarik; support dgn banyak tipe media. Setting-nya lengkap disertai tweak2 & option2.
Kekurangan: -. Mungkin cuma installer-nya saja yg sedikit mengganggu.
Update: Para pengembang KMPlayer sdh merilis media player lainnya yg juga asyik : PotPlayer (lihat dibawah).

VideoLan
VideoLAN adalah player multimedia yg menakjubkan yg dilengkapi dgn berbagai plugin2nya sendiri untuk memutar bermacam2 format media, makanya VideoLAN sdh tdk membutuhkan codec lg untuk instalnya. VideoLAN sangat bagus digunakan untuk menonton file2 yg didownload secara streaming sama seperti DVD, VCD dan macam2 protokol streaming lainnya. VideoLAN jg ternyata bisa and gunakan sebagai sever untuk streaming di unicast ataw multicast di protokol internet high-bandwith IPv4 atw IPv6.

Kelebihan: VLC bisa memutar 90% file2 media termasuk file2 yg distreaming.
Kekurangan: VLC tdk support dgn Real Media & Quicktime; beberapa masalah jg pd subtitle-nya.
Update: VideoLan adalah salah satu software multimedia favorit saya. Walaupun msh dlm tahap pengembangan, tp VLC sdh cukup populer di bidang multimedia belakangan ini. VLC sdh mengupdate setting2-nya dari sebelumnya, dgn installer yg "bersih" tanpa toolbar, dsb.

SMPlayer
SMPlayer ditujukan untuk menjadi Mplayer terdepan yg komplit, dgn fitur2 mulai dari yg basic seperti bisa sebagai player DVD & VCD sampai fitur yg lbh komplit misalnya support dgn filter2 MPlayer, dsb.

Kelebihan: Dgn fitur2nya SMPlayer bisa menjadi pengganti Windows Media Player. Support dgn ratusan file2 media yg berbeda2. Klo misalkan anda tdk suka dgn VideoLAN, SMPlayer bisa menjadi alternatif multimedia player.

RadLight
RadLight adalah media player yg dilengkapi dgn varietas multimedia yg luas dan beragam, termasuk konten2 seperti DivX, video DVD (butuh plugin third-party) atau AAC/MP4 audio.

Kelebihan: Interface GUI-nya yg model jadul mirip dgn Media Player Classic. Versi gratisnya sdh dilengkapi FFDSHOW.
Kekurangan: Versi PRO-nya tdk gratis krn ditambahi iklan.
Update: Pengembangannya sdh tdk dilanjutkan lg tp masih asyik dipakai. Jangan tertipu dgn tampilan Classic Old style-nya. RadLight msh harus disempurnakan untuk Windows 7 bahkan untuk versi2 terakhirnya.

BS Player Free
BS Player adalah salah satu media player yg kaya fitur untuk media-playing. BS Player support untuk semua format2 video populer (jg format audio) & krn interface-nya sangat simpel, anda bahkan bisa customize sendiri skin-nya.

Kelebihan: Media player yg powerful. Banyak opsi2 dan settingnya. Salah satu software multimedia tertua di internet bahkan lebih tua dari Windows itu sendiri.
Kekurangan: Hati2 menginstal versi 'GRATIS/'FREE''-nya. Krn installernya akan menginstalkan jg toolbar, merubah home page anda, dll. Interfacenya kurang menarik walaupun skin2nya bisa dicustomize.

Media Player Classic - Home Cinema


Media Player Classic adalah media player yg paling ringan untuk Windows. MPC sdh dilengkapi player DVD built-in dgn real-time zoom-nya, support untuk AVI subtitle, QuickTime & RealVideo (butuh plugin QT &/atw Real Player), dan banyak lagi lainnya.

Kelebihan: MPC bisa dibilang pengganti Windows Media Player yg asyik. Support dgn banyak file2 media populer.
Kekurangan: Emmm, susah cari kekurangan di MPC. Mungkin cuma masalah kecepatan playing-nya saja yg sedikit mengganggu.

ALLPlayer

ALLPlayer mengklaim dirinya sebagai program media player yg paling populer untuk menonton film dgn subtitlenya. ALLPlayer bisa memutar semua format2 media terkenal. dan sdh mengikutkan LiveUpdate didlmnya untuk bisa mengupdate codec2 terbaru jikalau ada masalah ketika membuka sebuah file video. Program ini juga akan mencarikan subtitle yg cocok untuk video anda secara otomatis di internet. Tidak seperti media player kebanyakan, ALLPlayer tdk cuma bisa overlay untuk media player & ia jg menggunakan fitur DirectX Windoze, sehingga memungkinkan ALLPlayer memutar berbagai macam video. ALLPlayer sdh dilengkapi aplikasi 'speech synthesizer' supaya anda bisa menonton film dgn subtitle-reader (dubbing).

Kelebihan: Tampilannya menarik; support dgn banyak file2 media, setting & opsi-nya juga banyak.
Kekurangan: Fungsi ''LiveUpdate function to update the latest codecs'' cuma ada di versi 'Premium''-nya yg berbayar.

ALPlayer

AlPlayer (dikenal jg dgn ALShow) adalah video player yg sdh mengikutkan codec2 standar didalmnya untuk memutar bermacam video. AlPlayer akan mendownloadkan codec langsung dari 'ALPlayer Codec Center' dan menginstalkannya untuk anda jika ada codec video yg dibutuhkan.

Kelebihan: Media player yg mini, asyik, sekaligus powerful. Bisa memutar video apa saja tanpa masalah.
Kekurangan: Hampir tidak ada, klo anda cari media player untuk komputer2 lama anda seperti XP atau Windows 2000, AlPlayer adalah solusi yg bagus. Jangan salah, ALPlayer berbeda dengan ALLPlayer.

DAPlayer

DAPlayer adalah player Blue ray yg total gratis, tdk cuma bisa memutar disk Blu-ray tp juga bisa menggantikan fungsi HD Media Player. DAPlayer adalah video player Bluray/DVD/HD yg luar biasa untuk PC Windows. Mendukung format resolusi 1080 piksel untuk media-playback Bluray, AVCHD, TS, MKV, MPEG4, & H264.

Kelebihan: DAPlayer adalah media player pendatang baru yg lumayan sukses. Walaupun tdk dilengkapi dgn setting yg banyak namun dgn fitur playback & interface-nya yg unik menjadikan DAPlayer menjadi salah satu media player yg "tanpa masalah".
Kekurangan: Belum bisa memutar disk2 Blu-ray mungkin karena freeware.

Light Alloy

Selain bisa memutar file2 media AVI, DVD, DivX, MP3, dsb Light Alloy juga dilengkapi dgn banyak fitur2 canggih dan bersahabat. Fitur utamanya mudah digunakan dan dilengkapi dgn ratusan setting yg fleksibe. menjadikan Light Alloy asyik digunakan sebagai media player ultimate.

Kelebihan: Freeware, dgn segudang setting menarik menjadikan Light Alloy adalah player multimedia yg sempurna buat para pecandu film.
Kekurangan: Website resminya dlm bahasa Rusia meskipun sdh dilengkapi dgn bahasa Inggris.


MPUI - The MPlayer Frontend

MPUI adalah MPlayer berbasis GUI yg mudah dipakai, player multimedia opensource yg powerful & tanpa perlu instalasi. MPUI bisa memutar ratusan format video dan audio, termasuk MPEG-1, -2 and -4 (DivX), H.264, MP3, Ogg Vorbis dan AAC. Untuk kebanyakan file2 media tsb, tdk perlu lg instal codec.

Kelebihan: Ukurannya kecil, cuma sekitar 3.5 MB. Tanpa instalasi, cacat digital, ataupun codec. Bisa juga untuk file2 video yg didownload.
Kekurangan: Masih versi beta.
Update: Pengembangannya sdh tdk dilanjutkan lg, tdk support untuk Aero glass di Windows 7. Namun bagus untuk WinXP dkk.

MPUI-HCB

MPUI-HCB adalah Mplayer terdepan untuk Windows yg mudah dipakai yg berbasis MPUI original. Bisa memutar file2 media kebanyakan, streaming dari internet dan dari disc (seperti (S)VCD atau DVD). Punya fitur 'Drag&Drop'. Mampu memutar ratusan format video dan audio termasuk MPEG-1, -2 dan -4 (DivX), H.264, MP3, Ogg Vorbis dan AAC. Support untuk multipel audio dan track subtitle di DVD, lyric dlm rar, 7z, zip dan archive2 multi-volume.

MPlayer WW

MPlayer WW adalah Mplayer terkemuka berbasis GUI (Graphical User Interface) dgn interface yg menarik dan mampu memutar hampir semua format file2 media. Player ini support untuk kebanyakan codec dan multimedia termasuk AVI, WMA, WMV, MPG, MOV, MP3, dll. Ditujukan untuk menjadi media player handal yg simpel dan enak digunakan. Dgn menggunakan memori dan CPU yg lebih sedikit daripada Windows Media player dan termasuk multimedia player open source yg tidak memerlukan instalasi.

Kelebihan: Opsi2nya banyak, file2 yg disupport-nya jg banyak..
Kekurangan: Mungkin butuh installer buat para pengguna yg laen. Website dlm bahasa Inggrisnya blum tersedia.


Filter2, Codec, Addon Yg Wajib Dipunyai:

Koepi's XviD Codec
Codec asli XviD, masih tetap jd yg terbaik sampai sekarang. Bagus digunakan dgn Media Player Classic atw Windows Media Player.

Jawor's Xvid Codec
Codec khusus XviD buatan Jawor. Installer-nya kecil dan setting-nya lbh banyak daripada XviD yg asli.

DirectVobSub (Subtitle Display)
DirectVobSub adalah filter DirectShow yg bisa dipakai untuk nampilin file2 subtitle yg dibikin dgn VobSub sewaktu anda mutar video di Windows Media Player, Media Player Classic, Zoom Player dan player lainnya.

FFDShow Tryout
FFDSHOW adalah filter decoding DirectShow buat me-decompres film2 DivX, XviD, WMV, MPEG-1 & MPEG-2.

Local Subtitles for WMP
Plugin ini adalah plugin dasar buat Windows Media Player. Fungsinya untuk munculkan subtitle teks, bersama2 dgn file medianya yg formatnya tdk disupport sama Micro$oft.

ReClock DirectShow Filter
Gunanya memperhalus playback material video di PC (AVI, MKV, DVD, Blu-ray, dll) atw sebagai HTPC-driving untuk TV, flat-panel, atw proyektor video.

CoreAVC H.264 Video Decoder
CoreAVC 2.0 ini sdh support untuk 'GPU hardware acceleration' pd kartu2 grafis nVIDIA CUDA, & bisa digunakan di platform2 yg kompatibel dgn kartu grafis NVIDIA seperti ION di Windoze XP, Vista, atw 7.

AC3Filter
AC3Filter adalah salah satu filter decoder audio dan prosesor gratis dgn kualitas tinggi. Dengan filter ini, media player agan jd bisa memutar film2 dgn audio track AC3 & DTS.

Buat Yg Pengen Langsung Instal Paket Codec:

DefilerPak - Sdh tidak diupdate lagi.

Windows Essentials Codec Pack - open source

Combined Community Codec Pack (CCCP)

Tzim's Lite Codec Pack - Sdh tidak diupdate lagi.

CodecPack.co - Semua Tentang Codec Dan Media Player

Baca Source-nya Sebelum Lanjut:

Bahayanya Instal Codec Sembarangan

Bacaan Menarik Tentang Codec dari VideoHelp.com

Topik2 Lain Tentang Bahayanya Instal Codec Sembarangan

Masih bingung milih codec? Ini resepnya:
- Buat Noobie - Pakai saja MPUI atau VideoLan atau rulesPlayer atau codec pack diatas.
- Buat yg advanced - Pakai MPUI atw VideoLan atw FFDshow+Media Player Classic+DirectVobSub atw FFDshow+Windows Media Player+DirectVobSub atw codec pack diatas+Media Player Classic.


Dikarenakan susah menentukan codec/media player mana yg paling unggul (apalagi klo menyangkut selera), pake saja patokan ini:

Buat computer-geek: coba KMPlayer, UMPlayer, VideoLan, MPC-HC & Light Alloy.

Buat Pemula bisa coba PotPlayer, Kantaris Media Player, MPlayer WW, MPUI-HCB dan DaPlayer.

Buat user yg tidak jelas: Windows Media Player 12-nya Windows 7 sdh cukup klo cuma buat mutar video umumnya. Atw bisa juga kombinasikan dgn filter FFDshow atw CCCP.

Buat user WinXP? coba Light Alloy, MPC-HC, KMPlayer, VideoLan atau UMPlayer.

Sumber: forum.chip.co.id

Mohon klik tombol share berikut ini
agar artikel ini dapat dibaca orang lain. Terima kasih.

1 Comments:

  1. VLC media player is good foe codec. however, if you want to keep your current player you can download k-lite codec pack which is able to support almost all the formats.STC Technologies

    BalasHapus

Info:

Agan ingin tukar link? Ke SINI aja.
Komentar yang anda kirimkan akan ditangguhkan dahulu untuk mempermudah saya melihatnya

 
Modified/Edited by Cyserrex - http://www.cyserrex.com/ | Template by Free Blog Template | Facebook | Twitter | © 2009-2013 CYSERREX.com - All Rights reserved