Video Ketika Bintang Dihisap Oleh Lubang Hitam (Black Hole)

Tahun 2010, sekelompok peneliti astrofisika melihat secara langsung pemandangan sebuah black hole yang tengah menghisap dan memakan sebuah bintang. Ini adalah video simulasi komputer yang menggambarkan pemandangan saat itu.




Proses black hole memakan sebuah bintang ternyata tidak sekedar "pop" dan menghilang begitu saja, pada kenyataannya, proses tersebut berjalan secara cukup dramatis. Dalam video ditunjukan mengenai bagaimana proses sebuah bintang raksasa (titik putih) ketika terhisap kedalam sebuah supermassive blackhole (titik biru). Gas milik bintang tersebut terhisap habis kedalam lorong gravitasi milik blackhole yang diameternya sama dengan jarak antara matahari dan bumi, sedangkan gesekan yang terjadi menimbulkan ledakan luar biasa dimana sebagian puing ikut terhisap ke dalam inti black hole dan sebagian lainnya melesat jauh ke ujung angkasa dengan kecepatan yang sangat menakjubkan. Ledakan tersebut juga menghasilkan cahaya terang - flare yang selama ini selalu dijadikan objek penelitian para peneliti astrofisika. Penelitian mengenai flare ini bisa kamu baca pada sebuah artikel yang baru di publikasikan tanggal 2 Mei lalu di jurnal ilmu pengetahuan Nature.

Sumber

Mohon klik tombol share berikut ini
agar artikel ini dapat dibaca orang lain. Terima kasih.

0 Comments:


Info:

Agan ingin tukar link? Ke SINI aja.
Komentar yang anda kirimkan akan ditangguhkan dahulu untuk mempermudah saya melihatnya

 
Modified/Edited by Cyserrex - http://www.cyserrex.com/ | Template by Free Blog Template | Facebook | Twitter | © 2009-2013 CYSERREX.com - All Rights reserved